Senin, 16 Mei 2011

Mahasiswa Baru Wajib Baca (4): Pertimbangkan dengan Cermat Biaya kos


 Masa memasuki dunia perkuliahan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat menjadi masa yang  mendebarkan. Di satu sisi ada rasa bangga karena bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, namun di sisi lain berarti tantangan yang akan dihadapi semakin besar. Salah satu hal yang dilakukan calon mahasiswa dalam menyambut masa perkuliahan adalah mengenal lebih jauh tentang universitas yang dipilih.
Secara umum kampus Unpad terbagi menjadi dua yaitu di Bandung dan Jatinangor. Namun di Bandung sendiri kampus dan kantor dalam lingkungan Unpad terdapat di beberapa tempat. Sampai saat ini, Rektorat Unpad berada di jln. Dipati Ukur 35 Bandung, kampus Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ekonomi (FE) juga di alamat yang sama.
Sementara itu ada beberapa kampus yang tersebar di Bandung, di antaranya kampus Pendidikan Ahli Administrasi (PAA) atau yang biasa dikenal dengan program D3 Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Unpad berada di Jln. Bukit Dago Utara no. 25 Bandung, sementara Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) kampus Bandung beralamat di Jln. Dago Pojok, kemudian kampus  D-3 dan S1 Tabungan 110 SKS Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berada di Jln. Ir. H. Juanda No. 4 Bandung, selain itu terdapat berbagai kampus untuk Pasca Sarjana yang juga tersebar di Bandung.
Di sekitar kompleks Kampus Unpad di Jln. Dipati Ukur 35, Bandung juga terdapat fasilitas pendukung perkuliahan seperti Cisral Unpad di Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung. Di gedung tersebut juga terdapat Perpustakaan Unpad yang memiliki ribuan koleksi buku dan literatur terkait perkuliahan. Perpustakaan Unpad telah banyak melayani pengunjung yang tidak hanya tercatat sebagai mahasiswa Unpad, namun mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi lain di Bandung juga sering mengunjungi Perpustakaan Unpad. Di samping gedung ini terdapat gedung Magister Manajemen (MM) Unpad dan Gedung Doktor Manajemen Bisnis Unpad. Sekitar beberapa meter ke arah selatan dari Gedung perustakaan Pusat Unpad, terdapat Balai kesehatan Unpad.
Balai kesehatan (Balkes) Unpad juga tidak hanya melayani sivitas akademika Unpad. Masyarakat sekitar juga bisa mendapatkan pelayanan dari Balkes Unpad. Dokter-dokter handal Unpad menjadi pengelola dan tenaga kesehatan yang berpraktek di tempat ini. Masih di kompleks yang sama, terdapat Gedung Pusat Kebugaran dan Kecantikan Fitness Ideal yang berada di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Kesehatan Unpad. Fitness Ideal memiliki banyak fasilitas olah raga.
Beralih ke Unpad Kampus Jatinangor, sebagian besar kegiatan perkuliahan program S1 dan D3 dipusatkan di sini. Unpad Kampus Jatinangor juga dilengkapi berbagai fasilitas demi kelancaran dan semaraknya kehidupan pendidikan. Selain gedung perkuliahan dan kantor pengelola, setiap Fakultas dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium, kantin, dll.
Jika di kampus Dipati Ukur terdapat Balkes, maka di kampus Jatinangor terdapat Klinik Unpad yang beroperasi selama 24 penuh setiap harinya. Klinik Unpad 24 jam juga dikelola oleh paramedis yang berpengalaman dan handal dari Unpad. Setiap mahasiswa yang berobat di tempat ini tidak perlu khawatir akan biaya, karena biaya kesehatan sebagian disubsidi oleh Unpad sendiri. Klinik Unpad 24 jam berada di samping gerbang Timur kampus Unpad. Akses menuju ke tempat ini sangat mudah.
Jatinangor kini bukanlah Jatinangor dulu yang minim fasilitas dan pembangunan. Jika ingin mencari makan, banyak sekali tempat-tempat makan baik yang berada di pinggir jalan seperti warung, warung tenda hingga kelas restoran seperti salah satu waralaba ayam goreng terkenal  yang membuka cabang di Jatinangor dll. Untuk fasilitas hiburan atau rekreasi untuk santai sejenak melepas penat, di Jatinangor terdapat mal. Mal ini berada tidak jauh dari pangkalan bus DAMRI Jatinangor-Dipati Ukur.
Satu lagi yang tidak kalah penting, seluruh kampus Unpad baik yang di Bandung maupun di Jatinangor, telah dilengkapi fasilitas hotspot internet. Jadi, mahasiswa yang memiliki laptopdapat memanfaatkan koneksi internet yang tersedia bagi seluruh mahasiswa Unpad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar