Senin, 16 Mei 2011

Mahasiswa Baru Wajib Baca (2): Mengenal Asrama Mahasiswa di Unpad


Selain memiliki asrama mahasiswa “Bale Padjadjaran” yang diperuntukkan bagi mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran, Unpad juga memiliki sejumlah asrama mahasiswa lainnya, seperti Asrama I (Hibah Pertamina), Asrama II (Rumah Susun Sederhana Sewa / rusunawa), Asrama Poma, dan Asrama Pedca.
Menurut pengelola sejumlah asrama di Unpad, dr. Koeswadji, MSc., Bale Padjadjaran yang terdiri dari 4 blok memiliki 200 kamar dan mampu menampung 390 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Unpad. Asrama itu memang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa kedokteran, dan hanya mahasiswa baru tahun pertama yang menginap di sana. ”Setelah satu tahun selesai, mereka harus pindah dari asrama itu tanpa kecuali,” tegas Koeswadji.
Asrama Unpad lainnya adalah ”Asrama I”  yang merupakan fasilitas asrama hibah dari PT Pertamina. Asrama ini tidak berlokasi di area kampus Unpad, lokasinya ada di Jln. Caringin Jatinangor, kurang lebih 1 km dari areal kampus Unpad.  Asrama I memiliki 52 kamar dengan kapasitas 104 orang karena satu kamar boleh ditempati oleh dua orang. Koeswadji menginformasikan, asrama ini bisa ditempati mahasiswa dari berbagai fakultas namun khusus diperuntukkan bagi laki-laki saja. Lama tinggal pun tidak dibatasi, selama masih tercatat sebagai mahasiswa Unpad.
Sementara ”Asrama II” berada di ujung Utara areal kampus Unpad. Asrama II lebih dikenal dengan sebutan Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa). Koeswadji menjelaskan, asrama II memiliki dua blok, masing-masing untuk blok laki-laki dan blok perempuan. Setiap blok terdiri dari 100 kamar. Artinya, Asrama II memiliki kapasitas 200 kamar dengan daya tampung 400 mahasiswa. Jika suka, setiap mahasiswa bisa tinggal terus di sana selama masih menjadi mahasiswa Unpad.
Ada pula ”Asrama Poma” yang didirikan dari uang sumbangan Persatuan Orangtua Mahasiswa (Poma). Namun menurut Kuswadji, Asrama Poma tidak menerima penghuni tahun ini karena sedang mengalami renovasi gedung. Diharapkan, tahun depan asrama ini telah dapat berfungsi kembali dengan layanan yang lebih baik dari sebelumnya.
Bila anda tertarik tinggal di Asrama Unpad, silakan datangi langsung lokasi asrama tersebut, dan tanyakan apakah masih ada kamar yang tersedia. Jika ternyata sudah penuh, anda bisa mencari tempat kos lain yang banyak disediakan oleh masyarakat di sekitar kampus Unpad.

1 komentar:

  1. yang asrama ini cuma buat mahasiswa kedokteran aja kah?? fakultas lain gag bisa kahh.. kalo bisa ini byar atau gratis??

    BalasHapus