Senin, 16 Mei 2011

Mahasiswa Baru FK Unpad Wajib Tinggal di Asrama Selama Setahun


Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) Unpad 2011 yang telah lulus Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) dan Bidik Misi Kemendiknas, serta mereka yang nanti lulus melalui Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan dan Tertulis wajib masuk  asrama mahasiswa Bale Padjadjaran dan tinggal di sana selama satu tahun pertama.
Asrama Mahasiswa Bale Padjadjaran (Foto: Dadan T.)
Asrama Mahasiswa Bale Padjadjaran (Foto: Dadan T.)
Seluruh mahasiswa baru FK Unpad otomatis masuk ke asrama Bale Padjadjaran, prosedurnya bersamaan dengan registrasi mahasiswa baru. Mereka akan tinggal di sana selama satu tahun pertama, dan memasuki tahun kedua mereka harus keluar dari asrama tersebut. Kebijakan ini telah dilaksanakan sejak 4 tahun lalu untuk mahasiswa asing, dan mulai tahun kemarin berlaku juga untuk mahasiswa regular. kebijakan ini merupakan upaya untuk membantu kemajuan studi mahasiswa. Tahun pertama adalah masa penting dalam adaptasi para mahasiswa baru. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, dan kami membimbingnya untuk memasuki lingkungan akademik di Unpad.
Asrama yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas itu juga dimaksudkan untuk menjalin keakraban di antara mahasiswa baru. Bale Padjadjaran menyediakan fasilitas ibu asrama dan keamanan selama 24 jam, layanan cuci, internet, kantin, minimarket, ruang tamu, ruang pertemuan, ruang olah raga, karaoke, dan studio musik.  Januarsih mengakui, fasilitas semacam ini akan lebih baik bila diberikan sepanjang mahasiswa kuliah, namun fasilitas yang tersedia baru mencukupi untuk mahasiswa baru di tahun pertama saja.
Lokasi asrama mahasiswa Bale Padjadjaran berada di  dalam area kampus Unpad di Jatinangor, tepatnya di bagian depan sisi Timur kampus Unpad. Bale Padjadjaran yang terdiri dari 4 blok saat ini ditempati oleh mahasiswa regular, kelas internasional, serta programtwinning program dengan Universitas Kebangsaan Malaysia. Informasi tentang Bale Padjadjaran dapat diperoleh melalui http://bale.web.id. Selain Bale Padjadjaran, Unpad juga memiliki asrama mahasiswa lainnya seperti asrama Padjadjaran 1 (rumah susun mahasiswa/rusunawa), asrama Padjadjaran 2 (eks Pertamina), asrama POMA, dan asrama Pedca. (Kabim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar