Senin, 16 Mei 2011

Mahasiswa Baru Wajib Baca (3): Pilih Tempat Kos Sesuai Kebutuhan


Pengumuman Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri Undangan dan Bidik Misi(SNMPTN 2011) akan segera diumumkan.Tak ada salahnya  Bagi mereka yang dinyatakan diterima menjadi calon mahasiswa Unpad berarti harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Apalagi, jika mereka yang berasal dari luar kota Bandung dan Sumedang, maka tempat kos menjadi kebutuhan paling utama yang perlu dipersiapkan.
Wilayah Jatinangor dan Jln. Dipati Ukur, Bandung merupakan kawasan pendidikan yang dekat dengan kampus Unpad. Di tempat inilah tersebar banyak tempat kos dan rumah kontrakan yang dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa baru menetap selama menempuh pendidikannya. Namun, banyaknya tempat kos dan rumah kontrakan yang menawarkan beragam fasilitas dan keunggulan, tak jarang membuat mahasiswa baru kebingungan memilih tempat yang sesuai.
Beberapa tip berikut semoga dapat memberikan pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk kos di suatu tempat. Tip ini diambil berbagai sumber dan berdasarkan wawancara dengan sejumlah mahasiswa Unpad.
1.    Pilih lokasi yang dekat dengan kampus
Pilihan paling utama mencari tempat kos sebaiknya dekat dengan kampus. Dengan memilih tempat kos dekat kampus, kegiatan perkuliahan tentu tidak akan terganggu. Akan lebih baik lagi jika tempat kos tersebut terletak strategis atau setidaknya memiliki aksesibilitas yang mudah untuk mencapai tempat-tempat penting bagi kegiatan belajar. Pertimbangkan pula tempat kos yang dekat dengan pusat-pusat keramaian, sehingga ketika mengalami kejenuhan belajar, mahasiswa dapat memanfaatkan tempat-tempat tersebut sebagai pelepas stres.

2.    Fasilitas lengkap atau kosong
Ada baiknya memilih tempat kos yang sudah menyediakan tempat tidur dan lemari pakaian. Ini sekadar untuk menghemat biaya pengeluaran. Apalagi bagi mereka yang tengah menjajaki lingkungan baru, sehingga memungkinkan untuk merasa tidak betah tinggal lama di satu tempat. Jika memang merasa kurang betah, Anda bisa berpindah-pindah dengan mudah. Tidak perlu repot angkut sana angkut sini.

3.    Sewa secara bulanan atau tahunan
Ini hanya pilihan. Bila Anda termasuk orang yang selalu ingin merasakan suasana baru, maka tempat kos yang menyewakan secara bulanan bisa jadi pilihan tepat. Namun, bagi Anda yang tidak ingin repot, apalagi ketika Anda sudah merasa nyaman dengan lingkungan dan teman-teman sesama kos, tempat kos tahunan perlu jadi pertimbangan Anda. Selain terhitung lebih murah, Anda juga tidak perlu repot pindah ke sana sini.

4.    Kamar mandi dalam atau terpisah?
Urusan kamar mandi menjadi penting, ketika Anda harus berbagi dengan penghuni lain. Anda harus siap-siap berstrategi bangun pagi jika anda tidak ingin terlambat kuliah. Tentunya lebih nyaman jika kamar mandi ada di kamar Anda sendiri. Tapi periksa juga fungsi-fungsinya apakah bekerja dengan baik atau tidak? Terutama masalah air.

5.    Biaya tambahan
Anda harus menanyakan sejak awal dengan pemilik kos tentang biaya-biaya tambahan. Biasanya pemilik tempat kos akan membebankan biaya tambahan untuk alat-alat elektronik, seperti televisi dan komputer/laptop. Tanyakan pula apakah biaya tersebut tetap atau tidak setiap bulannya, sehingga Anda dapat memperkirakan anggaran tetap setiap bulannya.

6.    Jaga sopan santun
Meskipun Anda membayar untuk tinggal di tempat kos tersebut, tidak berarti Anda bebas bersikap sesuka hati. Permisilah sebelum melakukan sesuatu yang Anda anggap bisa mengganggu, karena Anda tinggal dengan penghuni kos lainnya. Pandai-pandailah bergaul dan jangan terlalu sering mengurung diri di kamar terus-menerus.

7.    Suasana lingkungan
Sebelum masuk tempat kos, coba cari tahu siapa saja yang menghuni rumah kos tersebut. Jangan sampai ada tetangga kos yang bisa mengganggu kegiatan belajar Anda. Perhatikan juga lingkungan di luar rumah kos apakah kondusif atau tidak.

8.    Keamanan
Perlu juga melihat bagaimana keamanan daerah sekitar tempat kos. Pastikan bahwa pemilik kos dapat memberikan jaminan keamanan yang memadai saat Anda harus meninggalkan tempat kos. Usahakan pula untuk selalu mengunci rapat dan tidak meninggalkan barang-barang berharga di kamar kos, saat pergi kuliah.

9.    Pergaulan
Carilah informasi tentang pergaulan anak-anak kos di tempat yang diminati untuk Anda nge-kos. Bagaimana pun juga, pergaulan mempengaruhi pola pikir, sikap, dan kebiasaan. Artinya, jika Anda salah memilih teman kos, siap-siap saja kuliahnya amburadul. Pertimbangkan pula mencari tempat kos yang penghuni lainnya memang sejiwa dengan Anda, mudah diajak musyawarah dan tidak neko-neko.

Jadi, selamat berburu tempat kos! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar