Jumat, 01 Juli 2011

Unpad Menerima 3.873 Mahasiswa Melalui SNMPTN Ujian Tulis

Hasil kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 ujian tulis telah diumumkan tadi malam, Rabu (29/06) melalui situs resmi SNMPTN http://www.snmptn.ac.id atau melalui website Unpad http://www.unpad.ac.id bagi mereka yang memilih Program Studi (Prodi) di Unpad. Dari hasil seleksi ini, sebanyak 3.873 peserta dinyatakan lolos seleksi masuk Unpad, yang tersebar di 41 Prodi dari 16 fakultas. Sebanyak 1.707 diantaranya berada di kelompok program studi IPA, dan 2.166 dari kelompok IPS. Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si., mengungkapkan bahwa Unpad mengundang kehadiran para orang tua calon mahasiswa pada Selasa (5/07) mendatang di fakultas masing-masing di kampus Unpad Jatinangor. Dalam acara ini, orang tua calon mahasiswa akan mendapatkan informasi mengenai kampus Unpad dan penjelasan tata laksana registrasi.  Khusus untuk Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum (FH), acara akan dilangsungkan di Bale Santika, kampus Unpad Jatinangor.
“Jika orang tua tidak bisa datang, sebaiknya ada yang mewakili untuk bisa mendengarkan informasi tentang Unpad dan penjelasan mekanisme pendaftaran,” ujar Weny saat ditemui di ruang kerjanya, kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No.35 Bandung, Kamis (30/06).
Kemudian, para peserta yang lulus seleksi SNMPTN ini diwajibkan melaksanakan registrasi mahasiswa baru. Registrasi ini dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, calon mahasiswa harus melengkapi biodata di situs Unpad http://www.unpad.ac.id mulai 6 Juli 2011 mendatang. Selanjutnya, calon mahasiswa diharuskan membayar biaya pendidikan di sejumlah bank yang telah ditunjuk Unpad, yaitu CIMB Niaga, BRI, Mandiri, BNI, BTN, dan BJB, dengan menunjukkan nomor tagihan pembayaran yang dapat diunduh setelah melengkapi biodata calon mahasiswa baru.
“Pembayaran dapat dilakukan pada tanggal 11 sampai dengan 17 Juli 2011, dengan menunjukkan nomor tagihan. Biaya pendidikan minimal Rp 6 juta, dengan rincian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) sebesar Rp 2 juta dan Dana Pengembangan (DP) sebesar Rp 4 juta,” jelas Weny. Ia juga menghimbau kepada orang tua calon mahasiswa untuk turut berpartisipasi dalam “Pengembangan Sauyunan”, untuk membantu calon mahasiswa yang membutuhkan.
Selanjutnya, calon mahasiswa diharuskan melaksanakan registrasi administratif  di Gedung Balai Santika, kampus Unpad Jatinangor sesuai dengan jadwal dari masing-masing fakultas. Jadwal dan persyaratan registrasi ini dapat diperoleh calon mahasiswa dengan login menggunakan nomor peserta SNMPTN di laman http://pengumuman.unpad.ac.id.  Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi sampai dengan batas waktu yang ditentukan, maka ia dinyatakan mengundurkan diri.
Dalam kesempatan tersebut, Weny juga mengungkapkan bahwa mulai hari ini hingga Sabtu (2/07) mendatang, Panitia SNMPTN Lokal Bandung siap melayani peserta yang membutuhkan informasi atau membutuhkan bantuan terkait SNMPTN. Layanan Panlok Bandung ini dilakukan di kantor Humas Unpad, Jln Dipati Ukur Bandung, pukul 8.30-16.00 WIB. “Tim Panlok Bandung siap melayani bagi mereka yang membutuhkan bantuan, seperti peserta yang kehilangan kartu SNMPTN, lupa menyimpan data kartu, dan sebagainya,” uajr Weny. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar